Skip to main content

Al Islam Kemuhammadiyahan FISIP UMJ

AIK di FISIP UMJ
Foto : Kegiatan Setor hafalan surat-surat dalam Al-Qur`an
Universitas Muhammadiyah Jakarta, merupakan salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah tertua di Indonesia, berdiri pada 18 November 1955, dengan visi Menjadikan Universitas Muhammadiyah Jakarta yang Terkemuka, Modern, Islami Pada tahun 2025 dan misinya adalah mewujudkan keunggulan dibidang pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta nilai – nilai Al-Islam kemuhamadiyahan, memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelengaraan pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta nilai – nilai Al-Islam kemuhamadiyahan, yang terakhi adalah menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan dilandasi etika, nilai dan moral Islam.
Universitas yang memiliki tag line enlightning, empowering ini tidak lagi menganut Tri Dharma Perguruan Tinggi, saat ini yang digunakan adalah Catur Dharma, dimana posisi AIK berada di paling atas disusl dengan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Program AIK ini sudah dicanangkan untuk diterapkan di setiap fakultas, salah satunya yangsudah berjalan ialah program AIK di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang dilaksanakan setiap hari Jum`at pagi hingga selsai. Program ini berlandasakan SK dekan FISIP No.5 tahun 2013, yag isinya adalah:
Kemampuan Baca aI-Qura’an dan Hafalan Juz ‘Amma bagi Mahasiswa FISIP UMJ
1. Bahwa setiap mahasiswa tulusan Fakultas IImu Sosial danIlmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta harus bisamembaca AI-Qur’an dengan baik menurut kaidah iImutazwid dan hafal Juz Amma;
2. Sebagai bukti bahwa mahasiswa bisa membaca AI-Qur’an dengan baik dan hafal Juz Amma dibuktikan dengansertifikat yang dikeluarkan secara resmi oleh DekanFakuItas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UniversitasMuhammadiyah Jakarta;
3. Sertifikat ini menjadi persyaratan mutlak untuk bisamengikuti ujian sekripsi

Karena program AIK ini dilaksanakan setiap hari jum`at pagi hingga selesai biasanya selsai sebelum waktu sholat Jum`at, maka tidak ada kuliah pagi pada hari jum`at. Jam perkuliahan dimulai pukul 13.00 unuk semua mata kuliah sehingga tidak bentrok dengan program AIK. 

Program yang menempati urutan pertama dalam Catur Dhrama ini tidak hanya diperuntukan untuk mahasiswa reguler saja, tetapi juga untuk kelas karyawan, yang dilaksanakan pada hari juma`t setelah maghrib. Program AIK di FSIP memang menjadi percontohan untuk fakultas lainnya.
Di FISIP UMJ program ini sudah berlangsung sejak tahun 2013, atau dengan kata lain sudah berjalan selama empat tahun. Program ini memiliki organisasi tersendiri di setiap fakultas, organisasi inilah yang mengatur apa saja kegiatan yang dilakukan setiap minggunya dan kajian – kajian yang dibahapada setiap pertemuan, karena selain belajar mengaji dan menghafal terdapat juga kajian dan pengajaran mengenai ilmu agama lainnya.
Diharapkan dengan adanya program tersebut setiap lulusan UMJ menjadi pribadi yang unggul dan Islami, sehingga bukan saja ilmu – ilmu dunia yang didapat tetapi juga lulusan UMJ dibekali dengan ilmu agama yang cukup.

Comments